8 Ciri Hubunganmu Langgeng Sampai Akhir Hayat, Selamat!

Katakhoi.com | Setiap hubungan yang dijalin tidak akan terlepas dari tujuan yang digenggam, itulah salah satu modal utama dalam keberlangsungan usia hubungan jangka panjang. Sebab sebuah hubungan tidak bertahan bertahun-tahun jika kedua belah pihak tidak memegang tujuan bersama dalam hubungan tersebut.


Namun, di balik semua itu, tahukah kamu bahwa sebuah tujuan saja ternyata tidak cukup mampu untuk mempertahankan hubungan. Terlebih banyaknya rintangan yang dihadapi berdua tentu membuatmu akan merasa capek ataupun jenuh karena besarnya masalah yang tengah dihadapi.

Meskipun demikian, tanpa kamu sadari ternyata ada beberapa ciri yang secara garis besar mampu mempertahankan hubunganmu dalam jangka panjang, bahkan hingga akhir hayat. Tahukah kamu ciri-ciri tersebut? Berikut penjelasannya di bawah ini.


Yang siap menerima lebihnya kamu itu banyak, tetapi yang mampu menerima kurangnya kamu itu belum tentu.


1. Dapat menerima kekurangan satu sama lain 


Yang siap menerima lebihnya kamu itu banyak, tetapi yang mampu menerima kurangnya kamu itu belum tentu. Ya, belum tentu ada. Maka dari itu, saat kamu mendapatkan seseorang yang bisa menerima segala kekuranganmu dari berbagai sisi, saat itulah kamu memiliki pondasi besar untuk mempertahankan hubunganmu dalam jangka panjang.

Meskipun hal ini tidak terdengar sepele, akan tetapi pernahkah kamu berpikir bahwa di balik pertengkaran yang kerap terjadi dalam hubunganmu itu diakibatkan karena kamu maupun pasanganmu belum mampu menerima kekurangan satu sama lain. Di mana efek terburuknya adalah sebuah pertengkaran yang sebenarnya bisa diatasi jika kalian berdua mampu saling menerima.

2. Kualitas komunikasi yang selalu meningkat


Tidak hanya kepercayaan, komunikasi pun menjadi salah satu tiang terkuat untuk menghadirkan suasana hubungan yang manis dan harmonis. Serius terus, tidak baik. Becanda terus juga tidak baik. Itulah mengapa yang namanya komunikasi harus selalu ditingkatkan. Bukan berarti komunikasimu selalu mengarah keseriusan melulu, akan tetapi yang dimaksud dengan komunikasi meningkat adalah saat kalian tidak pernah merasa bosan membicarakan apa saja.

Mengapa demikian? Sebab sebuah komunikasi yang baik terbukti dari bagaimana rasa nyaman yang kamu rasakan. Jangan salah, biasanya saat menginjak usia hubungan lebih dari satu tahun, banyak pasangan yang tidak memperhatikan bagaimana komunikasi satu sama lain. Sehingga tanpa sadar mereka membiarkan rasa jenuh dan bosan menyelusup dalam rongga dada masing-masing dan di situlah rawannya akan perpisahan.

3. Tidak bersikap overprotektif kepadamu


Setiap orang memang memiliki persepsi masing-masing dalam menjalani hubungannya. Namun, berdasarkan riset terhadap banyaknya sebuah hubungan, ternyata pasangan yang bersikap overprotektif justru secara perlahan merenggut kenyamanan dan kebahagiaan kekasihnya.

Entah itu bersembunyi di balik alasan takut kehilangan ataupun yang lainnya, overprotektif jatuhnya sudah masuk ke toxic relationship. Sebab itulah jika saat ini kekasihmu mampu memahami dan memberi pengertian terhadap setiap keputusan yang kamu ambil, itu artinya hubungan kalian dapat berjalan dalam waktu yang cukup panjang.

4. Mengajakmu untuk berkembang bersama dalam bidang yang kalian tekuni masing-masing


Perbandingannya ibarat satu berbanding seribu jika kamu ingin mendapatkan pasangan yang akan selalu mensupport dan mengajakmu berkembang bersama dalam bidang kalian tekuni masing-masing. Alih-alih membuatmu tertekan dengan membatasi ruang gerakmu, dia justru memberimu kebebasan untuk melangkah ke arah yang lebih baik lagi.

Inilah modal yang sama kuatnya seperti kamu menjaga kepercayaan pasanganmu. Jika saat ini dia selalu mensupport terhadap sesuatu yang tengah kamu tekuni, itu artinya dia tidak hanya memikirkan dirinya saja. Akan tetapi dia pun teramat menyayangimu dengan cara menunjukkan bahwa dia akan selalu menjadi orang pertama yang mendukungmu untuk selalu berkembang.

5. Tidak adanya sesuatu yang disembunyikan satu sama lain


Timbulnya orang ketiga dalam hubungan bisa jadi karena ada sesuatu yang sedang disembunyikan. Tak heran jika banyak pasangan memilih jalannya masing-masing untuk mengakhiri hubungannya. Hal itu erat kaitannya dengan hilangnya keterbukaan satu sama lain dalam hubungan.

Jika saat ini kamu merasa demikian, ajaklah kekasihmu berbincang dari hati ke hati. Tanyakan padanya mengapa ada sesuatu yang harus disembunyikannya. Ya, memang harus diakui bahwa sedekat apa pun sebuah hubungan ada privasi yang harus dibatasi. Namun, itu bukan berarti kamu ataupun pasanganmu sama sekali tidak memberikan alasan yang masuk akal mengapa memilih untuk menyembunyikannya.

6. Kedua belah pihak keluarga mampu saling menerima


Sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius, baik kamu maupun pasanganmu sudah pasti saling memperkenalkan latar belakang keluarga masing-masing. Sebab peran fungsi keluarga dalam hubunganmu tentu sangat besar, itulah mengapa restu orang tua merupakan modal utama sebelum memutuskan diri untuk berumah tangga.

Ya, memang yang menjalani hubungan itu kamu dengan pasanganmu. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa jika tidak ada restu dari salah satu pihak keluarga maupun kedua belah pihak, sedikit atau banyak pasti ada perseteruan antara hubungan kalian berdua. Pada dasarnya, kekuatan untuk saling bertahan di tengah badai yang menerpa, mengalir dari restu orang tua yang tak pernah reda.

7. Tidak pernah ragu mengucapkan maaf saat melakukan kesalahan


Mengucapkan kata maaf saja memang sangat gampang, akan tetapi jika diucapkan saat pertengkaran tengah melipat kalian dalam emosi yang tidak bisa dikendalikan, masihkah kamu berpikir bahwa meminta maaf terlebih dahulu padahal bukan kamu yang melakukan kesalahan itu mudah? Sudah jelas pasti susah.

Oleh karenanya, carilah seseorang yang bisa dengan mudah meminta maaf hanya untuk menyudahi semuanya. Bukan karena dia mengakui kesalahan yang dilakukannya, melainkan karena dia berpikir bahwa kata maaf saja tidak sebanding dengan pentingnya hubungan yang harus dipertahankan di tengah-tengah pertengkaran yang terjadi.

8. Kualitas hubungan yang selalu diperbarui dari waktu ke waktu


Apa pun itu, pembaharuan dalam hubungan merupakan hal yang sangat penting. Tidak peduli hubungan yang kamu jalin menginjak usia satu tahun maupun belasan tahun, kualitas hubungan dapat dilihat dari bagaimana pembaharuan yang kalian lakukan untuk sama-sama berjuang menepis rasa bosan karena sudah lamanya hubungan dijalankan.

Jangan salah, saat kamu dan pasanganmu tidak melakukan pembaharuan dalam hubungan dengan menghadirkan suasana yang berbeda, saat itulah akan sangat rawan orang ketiga masuk dalam hubunganmu dan memberikan suasana yang baru bagi pasanganmu. Biasanya, orang baru memiliki kemenarikan tersendiri yang bisa dengan mudah menarik perhatian. Dengan begitu, posisimu dalam hubunganmu akan sangat terancam.

Nah, itu dia sederet ciri bahwa hubunganmu akan bertahan langgeng hingga akhir hayat. Beberapa poin di atas bisa kamu usahakan mati-matian selagi tidak hanya kamu yang berjuang. Ajak pasanganmu untuk bertahan bersama, sebab jauh di hadapanmu masih banyak rintangan yang harus kalian hadapi.

Katakhoi

Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.

1 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post