Dibawa Santai Aja, Ini Dia 7 Cara Menghilangkan Stres Berat dengan Mudah

Katakhoi.com | Banyaknya masalah yang menghantam secara bertubi-tubi membuat seseorang tak jarang merasa stres dan tidak tahu lagi harus berbuat apa. Terlebih masalah yang dihadapi tak kunjung menemukan solusi yang tepat agar masalah secepatnya kelar.


Meskipun begitu, stres terlalu berat juga tidak baik bagimu. Apalagi dalam jangka waktu yang berkepanjangan. Bisa saja nantinya stres yang kamu rasakan naik tingkat ke arah yang lebih buruk di mana orang-orang biasa menyebutnya sebagai depresi.

Oleh karenanya, untuk menghindari hal itu, saat kamu sedang stres berat berhentilah untuk terus-menerus memikirkan masalahmu. Cobalah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini yang akan menuntunmu pada sebuah ruang yang bernama cara menghilangkan stres berat dengan mudah.


Tuhan tidak pernah tidur untuk setiap hamba-Nya yang berjuang.


1. Jangan terlalu memikirkan masalah, akan tetapi pikirkan jalan keluar dari masalah tersebut


Salah satu hal yang seringkali keliru dan berulang kali dilakukan oleh banyak orang saat tertimpa masalah yang bertubi-tubi adalah dengan terus-menerus memikirkan seperti masalahnya. Padahal sampai kapan pun memikirkan masalah tidak akan menemukan ujungnya.

Sebab yang harus kamu lakukan adalah dengan memikirkan seperti apa jalan keluar dari masalah yang kamu rasakan. Bedakan antara memikirkan masalah dengan memikirkan solusi terhadap masalahmu. Sebab keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Dengan memikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah, maka percayalah bahwa Tuhan tidak pernah tidur untuk setiap hamba-Nya yang berjuang.

2. Pikniklah ke tempat-tempat liburan favoritmu


Bukan bermaksud lari dari masalah, melainkan perasaan dan pikiranmu membutuhkan waktu untuk beristirahat. Dan waktu istirahat inilah yang harus kamu pergunakan sebaik mungkin. Untuk itu, cobalah pergi ke tempat-tempat liburan favoritmu untuk meredakan stres yang menjadi beban di kepalamu.

Jika kamu tidak suka menyendiri, ajaklah anggota keluarga ataupun orang-orang terdekatmu untuk pergi ke tempat liburan yang kamu sukai. Dengan demikian, kamu tidak hanya pergi untuk berlibur saja, akan tetapi kamu juga bisa membagi seluruh keluh kesahmu bersama orang-orang terdekatmu.

3. Kunjungi orang-orang terdekatmu untuk menceritakan apa yang kamu rasakan


Jika kamu rasa tidak membutuhkan piknik untuk menghilangkan stres berat yang kamu rasakan, kamu hanya cukup mendatangi orang-orang terdekat sekaligus yang bisa kamu percaya untuk menjadi tempat yang bisa menerima segala kesedihan yang tengah kamu rasakan begitu dalam.

Tumpahkan seluruh perasaan yang kamu rasakan kepadanya. Sebab percaya atau tidak, hal ini secara otomatis akan meredakan pusing, lelah, dan stres berat yang tidak kunjung berhenti menimpamu. Ketahuilah, sekuat-kuatnya manusia, ia juga memerlukan tempat untuk diterima.

4. Beristirahatlah dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta


Saat kegagalan merundungimu hari ini dan pikiranmu seketika menjadi kacau balau karena tidak tahu apa yang seharusnya kamu lakukan, maka datangilah orang yang kamu cintai maupun orang yang mencintaimu dengan tulus. Di tengah-tengah kesedihan yang menggunung di dadamu, lihatlah berapa orang yang mencintaimu dengan tulus menerima kedatanganmu.

Dalam seharian penuh, habiskanlah waktumu bersamanya. Selagi ada kesempatan dan semesta memberi restu untukmu dan dia bertemu, ceritakan apa pun yang kamu rasakan sebelum pada akhirnya kamu menangis sejadi-jadinya karena merasa tidak sanggup akan besarnya masalah yang kamu tanggung. Selepas itu, biarlah dia yang menyeka air mata di pipimu hingga kamu merasa bahwa masih ada orang yang mendukung dan memberi kekuatan penuh untukmu.

Baca jugaBaca 10 Kalimat Ini Saat Kamu Sedang Lelah dan Putus Asa

5. Carilah hobi baru untuk mengalihkan rasa stresmu


Jangan salah, hobi pun merupakan kegiatan yang bisa menghilangkan stres seketika. Sebab bagaimana tidak, saat seseorang fokus terhadap sesuatu maka kemungkinan besar ia akan lupa pada sesuatu yang lainnya. Itulah mengapa dengan mencari hobi baru yang menyenangkan, pikiranmu akan teralihkan dari kepenatan masalah yang tidak pernah sudah.

Entah itu memancing ikan, menonton film genre horor, travelling, membaca buku, memasak, ataupun hobi baru lainnya bisa kamu lakukan untuk menghilangkan beban pikiran yang selama ini tak jarang merampas air matamu sesaat sebelum kamu memejamkan mata di malam hari.

6. Tidak perlu terburu-buru, berjalanlah dengan santai tanpa harus membuat dirimu sendiri dibantai habis-habisan oleh keadaan


Jika sesuatu yang membuatmu stres adalah dengan tidak terwujudnya harapan yang kamu inginkan, maka itu artinya kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mencobanya di lain waktu. Tidak perlu terpuruk karena realita tidak sejalan dengan ekspektasi, sebab itu hanya akan membuatmu jauh lebih tersiksa.

Nikmati prosesnya dan tidak perlu terburu-buru. Hindari membandingkan dirimu dengan orang lain, karena start awal antara kamu dengan mereka itu beda. Maka finish nya sudah pasti berbeda juga. Sebab itulah kamu hanya cukup bersikap santai sembari kembali merancang planning selanjutnya agar kegagalan tidak lagi berpihak kepadamu.

7. Belilah coklat atau makanan kesukaanmu sebanyak mungkin


Untuk menghilangkan stres berat tidak sedikit orang-orang melampiaskannya pada makanan-makanan favoritnya. Bukan rakus, melainkan karena memang seperti itulah caranya untuk sedikit demi sedikit meredakan masalah besar yang tengah dihadapinya.

Karena itu juga kamu bisa mencobanya dengan membeli coklat kesukaanmu ataupun makanan-makanan lainnya yang bisa membuat pikiranmu teralihkan untuk tidak terus-menerus memikirkan masalah yang sebenarnya ada banyak solusi jika pikiranmu sudah dalam keadaan dingin dna tenang.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai beberapa cara menghilangkan stres berat yang sedang kamu rasakan sekarang. Jika ketujuh cara di atas ampuh untuk menghilangkan stresmu, maka kamu merupakan orang hebat dengan kekuatan luar biasa untuk bisa mengajak kerja sama dirimu sendiri agar bangkit dari keterpurukan dan beban pikiran yang kamu rasakan.

Katakhoi

Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post