6 Cara Membentuk Keberanian Saat Berbicara di Depan Banyak Orang, Dijamin Ampuh!

Katakhoi.com | Berbicara di depan banyak orang memang tidak semudah berbicara saat bersama teman ataupun orang yang kita cintai. Mengapa demikian? Hal itu tentu saja karena tidak adanya kebiasaan untuk tampil di depan umum sembari menyampaikan sesuatu dalam rangka apa pun itu.


Sebab itu, tak heran jika tak sedikit orang-orang yang takut akan berbicara di hadapan khalayak ramai. Pasalnya, segala sesuatu memang harus dibiasakan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan keresahan akan takutnya terjadi kesalahan maupun hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkhusus untuk kamu yang mungkin merasa sulit dan masih takut untuk berbicara di depan banyak orang, coba deh lakukan beberapa cara di bawah ini untuk membentuk keberanian diri saat berbicara di depan banyak orang. Dijamin ampuh jika kamu melakukannya secara rutin.


Orang-orang besar di luar sana merupakan orang-orang hebat yang dilahirkan dari ribuan kegagalan yang tidak kamu ketahui. Mungkin hari ini kamu melihat mereka tumbuh dengan segala suksesnya, padahal jauh dari ketidaktahuanmu, mereka berdarah-darah untuk sampai di titik yang diinginkannya.


1. Hilangkan persepsi bahwa orang lain lebih baik dari kamu


Salah satu alasan timbulnya rasa pesimisme yakni karena menganggap orang lain jauh lebih baik daripada dirimu sendiri. Padahal kenyataannya hal itu belum tentu benar, sebab kamu tidak bisa menyimpulkan sendiri bagaimana isi kepala mereka.

Dengan begitu, sesaat sebelum kamu tampil di depan banyak orang, cobalah hilangkan persepsi bahwa orang lain jauh lebih baik dari kamu. Karena hal itu hanya akan menciutkan nyali yang kamu miliki, sedangkan tanpa sepengetahuanmu bisa jadi mereka menganggap bahwa kamu adalah orang istimewa yang memiliki kelebihan luar biasa sebab berani tampil di depan umum.

2. Biasakan dirimu untuk mengungkapkan apa yang ada di kepalamu saat sedang berbicara dengan siapa pun itu


Biasanya jika tidak terbiasa berbicara di depan umum, tak jarang pikiran seketika nge-blank dan tidak tahu apa yang akan diucapkan. Padahal dari jauh-jauh hari sudah dipersiapkan. Ya kalau dibilang ini merupakan suatu hal yang wajar, sebab yang namanya proses tidak akan langsung mulus begitu saja.

Hal ini pun berlaku untuk kamu yang akan berbicara di depan banyak orang nantinya. Cobalah mulai dari sekarang untuk membiasakan dirimu sendiri mengungkapkan apa yang ada dalam isi kepalamu saat berbicara dengan siapa pun itu. Namun, dalam catatan persepsi yang kamu ucapkan tidak mengarah untuk menjatuhkan atau meremehkan. Melainkan untuk bertukar isi pikiran.

3. Persiapkan apa yang akan kamu sampaikan


Prepare sebelum memulai itu merupakan salah satu hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Terlebih jika ini merupakan momen pertamamu untuk tampil di depan umum. Jangan sampai kamu tidak mempersiapkannya dengan optimal. Bukankah pepatah lama juga mengatakan "Segala sesuatu yang tanam dengan baik, maka akan dituai dengan baik pula".

Oleh karenanya, jangan sekonyong-konyong menjerumuskan dirimu sendiri dengan tidak mempersiapkan apa yang akan kamu sampaikan. Sebab orang-orang yang menjadi audiensmu tentu saja sedikit atau banyak, mereka memiliki ekspektasi cukup tinggi akan kualitas dirimu.

Baca juga6 Hal Kecil yang Sering Terlupakan Saat Bangun Pagi Padahal Menimbulkan Efek Sangat Besar

4. Tanamkan prinsip bahwa bicaranya kamu bukan untuk mengajari, akan tetapi untuk berdiskusi


Untuk menenangkan hati dan pikiranmu, cobalah mulai dari hari ini tanamkan bahwa saat kamu berbicara di depan umum, tujuanmu bukan untuk mengajari dan memberi tahu mereka akan sesuatu yang kamu ketahui. Namun, tanamkan dalam dirimu bahwa tujuanmu hanya untuk berdiskusi.

Dalam artian, kamu pun menyertakan mereka saat menyampaikan sesuatu. Sesekali ajaklah mereka berinteraksi dengan candaan ataupun pertanyaan ringan yang membuat mereka berlomba-lomba untuk menjawabnya. Sebenarnya hal ini cukup mudah, kamu hanya perlu berlatih lebih banyak untuk bisa melakukannya dengan baik.

5. Jangan pernah takut gagal sebelum kamu mencobanya


Orang-orang besar di luar sana merupakan orang-orang hebat yang dilahirkan dari ribuan kegagalan yang tidak kamu ketahui. Mungkin hari ini kamu melihat mereka tumbuh dengan segala suksesnya, padahal jauh dari ketidaktahuanmu, mereka berdarah-darah untuk sampai di titik yang diinginkannya.

Itulah mengapa kamu pun tidak perlu takut gagal untuk sampai di tahap yang kamu inginkan. Lakukan dengan penuh kesungguhan dan berikan kepercayaan penuh pada dirimu sendiri bahwa kamu mampu dan kamu siap menerima kegagalan bilamana itu harus terjadi.

6. Anggaplah khalayak di hadapanmu adalah teman-teman nongkrongmu


Nah, inilah cara yang paling rileks yang bisa kamu coba untuk menghilangkan berbagai keresahan dan kegelisahan sebelum berbicara di depan umum. Anggap mereka sebagai teman nongkrong yang bisa kamu ajak ngobrol santai sembari bertukar isi pikiran tentang apa pun itu.

Percayalah, tidak perlu takut bahwa opini yang kamu keluarkan itu tidak memiliki mutu, sebab pada dasarnya di dunia ini hanyalah perihal persepsi. Jangankan apa yang kamu bicarakan, perihal agama saja di dunia tidak hanya satu. Maka dari itu, santailah dan percayalah bahwa semuanya akan berjalan baik-baik saja jika kamu percaya pada dirimu sendiri.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai beberapa cara membentuk keberanian saat berbicara di depan umum. Jika beberapa cara di atas merasa mampu untuk kamu lakukan, cobalah mulai dari sekarang. Dan inilah waktu yang tepat untukmu menjadi seorang pemberani untuk berbicara di depan banyak orang!

Katakhoi

Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post