5 Cara Bangkit dari Keterpurukan Masalah Hidup, Kamu Pasti Bisa!

Katakhoi.com | Hidup dan segala permasalahan di dalamnya memang tak pernah bisa dihindari. Tidak hanya kamu, seorang presiden dan orang-orang di luar sana pun memiliki banyak masalah dalam hidupnya. Bedanya, seberapa mampu bangkit dan mengatasi masalah tersebut. Hanya itu dan sebenarnya kamu pun mampu melakukannya.


Jangan lupa, tidak ada masalah manusia yang tidak bisa diselesaikan oleh manusia. Itu artinya saat masalah hidup menghantammu secara bertubi-tubi, semuanya dapat kamu selesaikan dengan baik meski membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tidak apa-apa. Semaunya memang membutuhkan proses dan untuk bangkit dari keterpurukan pun butuh proses yang cukup panjang untuk kembali menjadi baik-baik saja. Namun, bilamana kamu tidak tahu, bahkan tidak ada secercah cahaya pun untuk kembali bangkit, cobalah beberapa hal di bawah ini untuk membantumu agar mampu bangkit dari keterpurukan masalah hidupmu.


Tidak ada masalah manusia yang tidak bisa diselesaikan oleh manusia. Jika hari ini kamu terluka, esok hari bersiaplah untuk bahagia. Jika hari ini kamu bahagia, esok hari lebih bersiaplah untuk terluka. Seperti itulah perputaran pasang surut perasaan manusia yang sejatinya tidak pernah bisa stabil.


1. Terapkan prinsip bahwa semua ini akan berlalu


Sekuat apa pun badai menerpa, di belakangnya akan diikuti dengan sinar senja yang akan memperbaiki semuanya. Itu artinya segala permasalahan hidup yang tengah kamu rasakan sekarang, semuanya akan berlalu begitu saja tanpa harus kamu sesali lebih dalam.

Ingat, roda kehidupan itu pasti berputar. Jika hari ini kamu terluka, esok hari bersiaplah untuk bahagia. Jika hari ini kamu bahagia, esok hari lebih bersiaplah untuk terluka. Seperti itulah perputaran pasang surut perasaan manusia yang sejatinya tidak pernah bisa stabil.

2. Berhentilah berpikir bahwa kamu lemah


Tidak ada manusia yang lemah, semuanya terlahir kuat dengan tingkat kekuatannya masing-masing. Kamu tidak perlu membandingkan kekuatan dirimu dengan orang lain, sebab bisa saja tanpa kamu ketahui mereka sangat berdarah-darah untuk bisa bangkit dari segala permasalahan hidupnya.

Oleh karenanya, terapkanlah mindset bahwa kamu kuat menghadapi semuanya. Jika dunia berlaku keras kepadamu, maka kamu pun harus jauh lebih kuat. Percayalah bahwa sebenarnya kamu mampu melakukan sesuatu yang lebih dari ini, artinya kekuatan yang ada dalam dirimu jauh lebih besar dari besarnya permasalahanmu sekarang.

Baca juga5 Tips Membangun Self Love Dalam Diri untuk Hidup yang Lebih Bahagia

3. Di depanmu masih banyak pintu kebahagiaan yang menunggumu


Fase di mana seseorang terpuruk memang bisa dikatakan sebagai masa tersulit untuk bisa mengendalikan pikiran agar mampu berpikir positif. Namun, sejatinya tidak ada yang mampu menyelamatkan pikiran dan perasaanmu selain dirimu sendiri.

Pandanglah ke depan, lihatlah bahwa di suatu saat nanti ada pintu-pintu kebahagiaan yang menunggumu untuk dilalui. Mungkin duka yang kamu rasakan itu tidak seberapa dari kebahagiaan yang akan kamu dapatkan suatu saat nanti.

4. Jadikan semua kegagalan dalam hidupmu sebagai guru terbaik


Pepatah mengatakan bahwa guru terbaik adalah pengalaman. Ya, hal itu memang benar adanya. Seseorang tidak akan bisa berpikir lebih jauh dan keras jika ia belum merasakannya. Karena itulah tak sedikit orang-orang besar di luar sana yang sekarang ini tengah berbahagia menjadikan semua kegagalannya sebagai guru terbaik untuk belajar menjadi lebih baik lagi.

Begitu juga dengan kamu. Percayalah kepada dirimu sendiri bahwa kamu mampu dan kamu tidak seharusnya dikalahkan seperti ini oleh keadaan. Jadikan semua kegagalanmu hari ini sebagai guru terbaik yang akan menjadi pendorong kesuksesanmu di esok hari.

5. Pikirkanlah bahwa terus-menerus terpuruk hanya buang-buang waktu saja


Tariklah napasmu secara perlahan dan buang secara pelan-pelan. Tenangkan hati dan pikiranmu dari seluruh masalah yang kamu rasakan sekarang. Cobalah untuk membuka pikiranmu bahwa apa yang kamu lakukan saat ini dengan cara terpuruk dan menyesali segalanya hanya akan berakhir dengan buang-buang waktu saja.

Ya, memang perlu untuk evaluasi serta introspeksi diri. Namun, bukan dengan cara terjebak dalam keterpurukan yang berkepanjangan. Itu hanya akan menunjukkan bahwa kamu tidak mencintai dirimu sendiri. Padahal jauh di lubuk hatimu, kamu menginginkan dirimu bahagia dengan cara menuntaskan waktu terpurukmu secepatnya juga.

Demikianlah beberapa cara bangkit dari keterpurukan masalah hidup yang kamu rasakan sekarang. Bukalah pikiranmu dan tenangkan perasaanmu. Ingat, Tuhan selalu memberikan jalan kepada hamba-Nya yang memiliki niat baik untuk selalu berusaha menyelamatkan pikiran dan perasaannya. Sekali lagi, percayalah bahwa kamu mampu menyelesaikan semuanya.

Katakhoi

Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post