8 Cara Upgrade Kualitas Diri Awal Tahun 2021, Jadikan Dirimu Lebih Bersinar!

Upgrade kualitas diri memang tidak semudah seperti yang diucapkan. Banyak hal yang harus benar-benar dipersiapkan dan dimatangkan agar tumbuh rasa motivasi dan keyakinan yang kuat dalam diri sendiri. Terlebih jika kamu telah menginjak usia yang cukup matang dan merasa hidupmu gitu-gitu saja setiap tahunnya.



Jika dibiarkan terlalu lama berdiam diri di zona yang menjebakmu tersebut, hal itu tentu akan berpengaruh besar pada bagaimana kamu di masa-masa mendatang. Jangan lupa, cepat atau lambat segalanya akan berlalu begitu saja jika kamu tidak segera menyadarinya.

Pasalnya, entah kamu menyadarinya atau tidak, di awal tahun 2021 ini sudah banyak orang yang berlomba-lomba mengupgrade kualitas diri untuk mempersiapkan dan membentuk versi terbaik dalam dirinya untuk beberapa tahun mendatang. Dan pertanyaannya, "Kalau kamu kapan?".

Untuk bisa menjawab semua itu, di bawah ini terdapat beberapa tips ampuh upgrade kualitas diri agar masa depanmu lebih terarah dan setidaknya menemukan titik terang ke mana kamu harus melangkah.


upgrade kualitas diri agar masa depanmu lebih terarah dan setidaknya menemukan titik terang ke mana kamu harus melangkah.


Berterima Kasih Pada Diri Sendiri

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan selepas berhasil melewati hari-hari berat selama satu tahun penuh, berterima kasihlah lebih dulu pada dirimu sendiri. Lihat dirimu di pantulan cermin kamarmu; pandanglah lebih dalam dan ucapkan sesuatu yang nantinya mampu membentuk rasa kepemilikan dan tanggung jawab atas masa depanmu sendiri.

Untuk melakukan cara yang satu ini kamu tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan sampai berjam-jam. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menitan untuk merutinkan diri berterima kasih pada diri sendiri setiap harinya. Percaya deh, suatu hari kamu akan merasa bahwa support system terbaik dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. 

Introspeksi Diri Terlebih Dahulu

Setelah dengan tulus berterima kasih pada sendiri, lihat dirimu beberapa tahun ke belakang. Ingat baik-baik apa yang menjadi kesalahanmu sehingga membuatmu pernah jatuh sebegitu dalam hingga kamu benar-benar merasa bahwa hidup ini tidak adil.

Dan sebelum kamu melangkah lebih jauh, lakukan proses instrospeksi diri terlebih dahulu. Agar setidaknya kamu tidak jatuh ke lubang yang sama. Jangan sepelekan hal ini, karena hal sekecil apapun yang membuatmu gagal akan berpengaruh lebih besar saat hal tersebut terjadi berulang kali dalam hidupmu.

Mulailah Merancang Planning untuk Masa Depan

Masa depan itu memang di tangan Tuhan, tetapi percaya atau tidak, kamu yang menciptakan masa depanmu sendiri. Apa yang kamu rencanakan dan lakukan saat ini adalah bagaimana kamu menata masa depanmu di hari-hari mendatang.

Jika hari ini yang kamu lakukan adalah bermalas-malasan, maka yang kamu tuai pun tidak akan jauh dari yang kamu lakukan saat ini. Sementara itu, jika saat ini kamu mati-matian merancang dan memperkuat planning apa saja yang harus kamu lakukan setiap hari dan setiap tahunnya, maka hasil yang kamu dapatkan tentu akan jauh berbeda dengan orang-orang yang hanya berdiam diri saja.

Siapkan Mental Menghadapi Kegagalan dan Penolakan

Yang namanya hidup tidak akan pernah terlepas dari kegagalan dan penolakan. Mental baja harus kamu terapkan sejak dini agar kamu nggak merasa "kaget" bilamana menemukan sesuatu yang nantinya ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi dan rencanamu.

Seperti hal nya yang dilakukan oleh Jack Ma, orang besar yang menjadi pendiri Alibaba Grup. Ia tidak pernah bosan mendapat penolakan dan kegagalan berkali-kali dalam hidupnya sebelum pada akhirnya sampai di tahap yang benar-benar ia inginkan.

Be Humble

Jangan lupa, hidup ini tidak sendiri. Akan selalu ada orang baru dalam hidupmu dan untuk bisa berbaur serta memperluas relasi, kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Kamu membutuhkan orang lain yang sedikitnya dapat membantu meringankan segala aktivitas dalam hidupmu.

So, jadilah seseorang yang humble dan terbuka agar orang lain merasa nyaman saat berada di dekatmu. Disadari atau tidak, karaktermu akan terbentuk pada bagaimana lingkungan di sekitarmu. Jika sikap yang kamu bawa pada lingkunganmu positif, tentu saja mereka akan memperlakukanmu jauh lebih baik juga.

Menentukan Daftar Prioritas dalam Hidup

Dalam hidup ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Bahkan, sampai kamu berada di tahap tersulit dalam hidupmu, kamu harus tetap memilih jalan mana yang harus kamu tempuh untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Jika kamu tidak menentukan apa saja yang menjadi prioritas dalam hidupmu, pelan atau lamban semuanya akan menjadi berantakan dan kamu sendiri akan merasa kewalahan. Dengan begitu, kamu akan lebih sulit sampai pada versi terbaik dirimu maupun masa depan cerahmu.

Nggak Pernah Bosan Meningkatkan Kemampuan

Setiap orang memiliki skill, tetapi tidak semuanya bisa mempertahankan dan meningkatkan skillnya tersebut. Jika kamu stuck di satu tempat dan merasa puas atas kemampuan yang kamu miliki tanpa berniat meningkatkannya, maka bersiap-siaplah orang lain akan melangkah sedikit lebih jauh di depanmu.

Selain untuk masa depanmu, hal ini akan membentuk kedewasaanmu pada bagaimana tingkat konsistensi dan cara berpikirmu ke depannya. So, usahakanlah untuk nggak pernah bosan meningkatkan kemampuanmu sekarang.

Memiliki Buku Bacaan Khusus Setiap Harinya

Masih ingat kah kamu bahwa buku adalah jendela dunia? Ya, itu memang benar adanya. Jika kamu tidak memiliki buku bacaan khusus setiap harinya, secara otomatis pikiranmu akan merasa kesusahan untuk mempertimbangkan beberapa hal penting dalam hidupmu.

Percayalah, orang-orang akan jauh lebih menghargai dan menerima seseorang yang memiliki pengetahuan luas dari berbagai sisi. Dan dengan membaca buku lah pikiranmu akan lebih terbuka dan menjadi lebih unggul dari yang lainnya.

Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengupgrade diri sendiri. Tidak hanya delapan cara di atas, kamu bisa melakukannya sesuai dengan cara dan kenyamananmu sendiri. Jangan lupa tanyakan hal ini pada dirimu, "Sudah sejauh mana kamu melangkah saat ini?".



Katakhoi

Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.

6 Comments

  1. Awal tahun ini memang harus di jalani dengan penuh persiapan yang matang. Tentunya dengan kualitas diri yang lebih baik lagi. Nice artikel kak jangan lupa mampir.

    ReplyDelete
  2. mantap kak,,,
    bermanfaat ilmunya...
    salam jejak www.aekbila.com

    ReplyDelete
  3. Mantap & keren semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Tipsnya sangat mantul nih, harus di praktekan soalnya bagus

    ReplyDelete
  5. Iya. Banyak-banyak baca buku yang bermanfaat. Jangan kebanyakan main game, sebab dapat mengurangi daya ingat

    ReplyDelete
  6. Awal tahun yg berat buat semua orang....semoga kita smw sa ngejalanin tahun dengan lancar ya.amin...

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post