5 Tips Membangun Self Love Dalam Diri untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Katakhoi.com | Self Love memang bukan perkara mudah. Dibanding dengan mencintai orang lain, mencintai diri sendiri adalah proses seumur hidup yang harus selalu kamu lakukan setiap harinya. Ya, self love atau yang biasa disebut sebagai upaya mencintai diri sendiri salam keadaan apa pun itu.


Pentingnya self love bagi diri sendiri sangat mempengaruhi pada bagaimana perkembangan psikologi diri untuk ke depannya. Sangat sulit bagimu untuk bisa menghadapi segala rintangan dan tantangan dalam hidup ini jika kamu masih belum mampu untuk mencintai dirimu sendiri.

Bermula dari cinta lah semuanya akan dikuatkan. Saat kamu berhasil mencintai diri sendiri, saat itu juga hati dan pikiranmu tidak akan mudah rapuh meski sekalipun dihantam dengan masalah hidup yang bertubi-tubi. Untuk itu, cobalah membangun self love dalam diri untuk menjadikan hidupmu jauh lebih bahagia seperti penjelasan artikel di bawah ini.

Saat kamu berhasil mencintai diri sendiri, saat itu juga hati dan pikiranmu tidak akan mudah rapuh meski sekalipun dihantam dengan masalah hidup yang bertubi-tubi.

1. Berusaha menerima segala kekurangan dalam diri

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pun kamu. Jika saat ini kamu tidak bisa menerima segala kekurangan yang adalah dalam diri, maka akan sangat mudah bagimu untuk menyalahkan dirimu sendiri saat kamu tidak mampu melakukan atau menggapai sesuatu yang kamu inginkan dalam hidupmu.

Jangan sepelekan hal ini, karena bisa saja kamu akan jatuh ke lubang yang lebih berbahaya, yakni depresi tingkat tinggi karena tidak adanya cinta untuk dirimu sendiri. Saat orang lain tidak ada yang mempedulikanmu dan kamu pun tidak peduli pada dirimu sendiri, lalu siapa lagi yang akan merangkul dan membangkitkanmu saat kamu tengah berada di posisi tersulit hidupmu? Pikirkanlah hal itu. 

2. Berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Berbicara membanding-bandingkan memang tidak pernah ada habisnya. Seperti hal nya pepatah bahwa di atas langit masih ada langit yang jauh lebih tinggi. Maka dari itu, jika kamu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, saat itu juga kamu telah menyeret dirimu sendiri untuk berada di ruang kehancuran.

Sementara itu, di sisi lain orang yang kamu bandingkan pun masih merasa bahwa dirinya tidak memiliki sesuatu yang harus dibanggakan. So, berhentilah untuk melakukan semua hal bodoh itu. Karena pada akhirnya hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

Baca juga: 8 Cara Upgrade Kualitas Diri Awal Tahun 2021, Jadikan Dirimu Lebih Bersinar!

3. Maafkan dan ampuni segala kesalahan yang dilakukan oleh diri sendiri

Sebagai manusia yang tidak akan pernah terlepas dari suatu kesalahan, kamu pun memiliki jatah untuk berbuat salah dalam hidupmu. Dan bilamana suatu saat hal itu terjadi, cobalah untuk tetap menerima dan mengampuni dirimu sendiri atas segala kegagalan dan kesalahan yang kamu lakukan.

Orang lain tidak akan mengerti apa yang kamu rasakan. Hanya kamu sendiri lah yang mampu menata kembali rencana untuk kamu lalui nantinya. Rasanya memang sangat berat, tetapi seperti inilah jalannya. Di satu sisi kamu harus selalu mampu mencintai dirimu sendiri, sementara di sisi lain kamu juga harus mampu menerima segala kenyataan terpahit dalam hidupmu dengan berlapang dada.

4. Berikan kepercayaan penuh kepada dirimu sendiri

Support system terbaik dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. Sekuat apa pun motivasi dan kerpacayaan dari orang tua, kekasih, ataupun orang-orang yang tengah dekat denganmu, jika kamu tidak percaya kepada dirimu sendiri, lalu siapa yang akan membentuk karakter berani dalam dirimu?

Percayalah, memberikan rasa percaya sepenuhnya dari diri sendiri untuk dirimu sendiri akan terasa jauh lebih bahagia untukmu menjalani hari-hari ke depannya. Bahkan, kamu akan menjadi sosok pemberani serta percaya diri atas segala tindakan yang kamu lakukan.

5. Tanamkan mindset bahwa kamu adalah orang yang berharga

Setiap orang berharga di dunia ini. Terlepas dari banyaknya harta, tingginya jabatan, dan hal-hal lainnya, semua itu bukanlah tolak ukur bahwa seseorang jauh lebih berharga dari yang lainnya. Bangunlah mindset bahwa kamu adalah seseorang yang berharga bagi dirimu sendiri ataupun orang-orang sekitarmu.

Jangan lupa, bisa saja di luar sana banyak orang sangat ingin bertukar posisi denganmu. Hanya saja, kamu tidak mengetahuinya. Karena itu, cobalah untuk lebih bersyukur dan bangun rasa cinta untuk dirimu sendiri agar hidupmu tidak terkekang dengan pemikiran negatif yang ditimbulkan oleh dirimu sendiri.

Untuk melakukan self love memang tidak semudah yang dibayangkan. Jika pun mudah, maka caranya tidak akan sesingkat itu. Apalagi mengingat bahwa manusia selalu mengalami pasang surut perasaan, maka usaha mencintai diri sendiri akan terasa lebih sulit untuk dilakukan.






Katakhoi

Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.

4 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post